Good Bye Mbah Surip, I Love U Full…

Posted in Music on August 8, 2009 by Pram

Dari sosoknya yang eksentrik, orang sudah tahu siapa dia. Rambut gimbal, topi, baju, dan celana berwarna bendera Jamaika, serta gitar plus tawa lepas ha..ha..ha. Ya, Mbah Surip dan lagu Tak Gendong tiba-tiba saja melejit di pertengahan tahun ini.

Bulan Juni lalu, seiring maraknya debat calon presiden dan wakil presiden, nama Mbah Surip melejit tanpa harus ikut berpolitik. Lagunya, dengan aransemen reggae dan sentuhan dub, bergaung di mana-mana. “Tak gendong, ke mana-mana…”

Ketenarannya langsung disambut penyedia layanan telepon seluler. Lagu Tak Gendong pun didagangkan sebagai nada sambung personal (ring back tone), dengan tarif bervariasi. Salah satu perusahaan penyedia layanan seluler besar, per pekan ketiga Juni lalu, mencatat perolehan dari lagu Mbah Surip itu melewati Rp 2 miliar, meski belum sebulan sejak awal tenarnya.

Urip Ariyanto, yang kemarin wafat di usia 52 tahun bukan 60 tahun yang disebut media (di nisannya tertulis lahir 6 Mei 1957) , bagi Yoyik Lembayung adalah orang yang bersahaja. “Dari sejak pertama kali bertemu pada ’80-an, ya, orangnya begitu-begitu saja,” kata Yoyik, penggiat di Warung Apresiasi (Wapres) Bulungan, Jakarta Selatan. Di tempat nongkrong dekat Blok M itulah habitat Mbah Surip.

Yoyik menyebutkan, “Mbah Surip, dulu itu, baru datang dari Mojokerto, dengan gitar dan sepedanya.” Sepeda siapa? “Tidak tahu juga, tidak pernah bertanya. Tapi yang pasti, saat itu ada sepeda,” ujarnya kepada Tempo kemarin.

Sahabat Mbah Surip yang lain, pelukis Slamet Jenggot, melihatnya sebagai orang yang sangat baik dan suka menolong. Dalam hidupnya, dia sosok sederhana dan tidak pernah macam-macam.

Meski langgam hidupnya mengalir, sosok Mbah Surip juga dikenal sebagai seniman musik idealis. Untuk mencari jati dirinya, dia rela meninggalkan teman sekampung dan keluarganya. “Dia ngegelandang untuk idealismenya,” ungkap Slamet, yang kenal Mbah Surip sejak 1978, di rumah Mamiek Prakoso, Kampung Makassar, Jakarta Timur.

Yoyik terakhir kali bertemu Mbah Surip pada Sabtu malam pekan lalu. Seusai menjalani syuting di sebuah stasiun televisi, Mbah Surip menyanyi di Wapres Bulungan. Tentu lengkap dengan tawa khasnya, “Ha…ha…ha..”

Soal tawa khas itu, musisi AGS, Ari Dipayana, sempat terkaget-kaget saat pertama mendengarnya. “Ternyata ketawanya itu beneran,” tutur Ari, yang juga kerap beraktivitas di Wapres Bulungan.

Sebagai seorang musisi yang kerap menyusun komposisi, Ari menilai musikalitas Mbah Surip sebetulnya tak istimewa. “Jago sih tidak, pas-pasan, modal pengamen jalanan umumnya,” kata Ari, “tapi mungkin karena konsistensinya itu, Tuhan Maha Pengasih, maka beliau mencapai seperti sekarang.”

Menurut Ari, sungguh tepat saat Mbah Surip memilih warna musik reggae. “Pas sekali dengan gayanya,” ujarnya. Mbah Surip memang terkenal asik, cuek, kocak, dan sederhana, yang juga selalu terbawa ke lagu-lagunya.

Beberapa media massa menyebutkan sepanjang karir musiknya, Mbah Surip konon telah menelurkan empat album dengan debut perdananya bertajuk Ijo Royo-royo pada 1998.

Komedian Mamiek Prakosa mengakui pribadi Mbah Surip yang apa adanya. “Sebagai seniman, Mbah Surip cuma butuh pengakuan. Itu sudah dia dapatkan,” kata Mamiek yang tak bisa menyembunyikan kesedihannya.

Satu hal tentang mendiang Mbah Surip, perkataannya sering berubah-ubah. Ditanyai soal ini, Ari memberi permakluman. “Kita (di Wapres) itu ada semacam kekhususan dalam melihat Mbah Surip. Banyak pemaklumannya. Orangnya agak sedikit aneh, tidak pada umumnya, eksentrik. Jadi ngapain saja, orang memberi pengertian,” Ari menjelaskan.

Hari wafatnya Mbah Surip segera menjadi topik di ranah maya. Popularitas berita wafatnya Mbah Surip, di detik.com, mengalahkan bom Marriott dan Ritz-Carlton, 17 Juli, seperti ditulis komandan tim teknologi informasi detik.com, Andry Huzain, di Twitter-nya.

Di jaringan microblogging twitter.com sendiri, tema Mbah Surip masuk sepuluh besar topik dunia yang paling banyak dibahas pada saat itu. Banyak orang yang juga membahas apa makna lagu Tak Gendong, apakah lagu anak-anak belaka atau soal dosa yang dibawa ke mana-mana.

“Tafsirnya memang bisa macam-macam. Biarlah tiap orang mengartikan berbeda-beda,” kata Yoyik Lembayung. Menurut dia, kesederhanaan lagu Mbah Surip, seperti rutinitas harian di Bangun Tidur, memang bisa diterjemahkan ke mana-mana. Dan itulah, melalui lirik-lirik sederhana yang bisa bermakna banyak, yang membuat Mbah Surip fenomenal.

Selamat jalan, Mbah Surip. We love you full.

from IBNU RUSYDI/RINA WIDIASTUTI

http://www.tempointeraktif.com

RHU!

Posted in Music on August 3, 2009 by Pram

RHU! (dibaca: RU) adalah sebuah Band Indie dari Karawang Jawa Barat . RHU! merupakan kepanjangan dari Rhytm Harmonic for Unity!, yang terbentuk pada tanggal 12 Juli 2008. Sebelum memutuskan untuk membentuk sebuah Band, awalnya RHU! sendiri mengambil konsep duo yang dipelopori oleh Salah (Vocal) dan Pram (Gitar), namun karena kesibukan masing-masing keduanya sempat vakum. Mencoba untuk tetap bertuju kearah musik, keduanya berkumpul kembali untuk membahas mengenai konsep yang sudah ada dan pada saat itu juga bertemu dengan personel yang lain yaitu Ikhsan (Bass), Andrian (Drum), Andre (Gitar), Unay (Keyboard). dari sinilah RHU! terbentuk dan mulai membuat beberapa demo lagu.

RHU! mengusung aliran musik pop alternative dengan komposisi musik yang ringan serta lirik yang mudah dicerna sehingga menghasilkan lagu yang easy listening.

RHU! berharap kami dapat mengajak masyarakat pencinta musik untuk bisa menerima dan menghargai hasil karya yang telah kami berikan untuk anda semua.

RHU

Contact Us:

Jl. Moch Toyib No.3 RT.03/Rw.01

Cibuaya Karawang Jawa Barat 41356

Kunjungi Blog RHU

Ajari Aku Mendua

Posted in Music on August 3, 2009 by Pram

Written by : Pram
Arr. : Brandits

Salahkah bila aku tak akan selamanya bisa
Untuk selalu memberikan
Semua hal yang engkau pinta

Salahkah bila aku tak akan selamanya mampu
Untuk selalu melakukan
Semua hal yang kau inginkan

Bagaimana mungkin engkau bisa melakukan
Pada ku yang slalu terima kekuranganmu…

Ajari aku ‘tuk mendua
Seperti apa yang kau lakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Ajari aku ‘tuk mendua
Agar aku bisa melakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Bagaimana mungkin engkau bisa melakukan
Pada ku yang slalu terima kekuranganmu…

Ajari aku ‘tuk mendua
Seperti apa yang kau lakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Ajari aku ‘tuk mendua
Agar aku bisa melakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Bisakah engkau menerima
Semua yang kau berikan padaku…

Engkau bisa aku pun bisa melakukannya
Tak perlu mendua ‘tuk s’kedar menyakitimu…

Ajari aku ‘tuk mendua
Seperti apa yang kau lakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Ajari aku ‘tuk mendua
Agar aku bisa melakukan
Ajari aku tak menghargai cinta
Ajari aku ‘tuk mengkhianatimu

Download Ajari Aku Mendua
klik disini

Eittss… cerita lagu ini ga terinspirasi sama pengalaman pribadi lho…

Tapi yang pasti jangan lupa download lagunya, dengerin, terus isi kolom comment-nya yah… Dukung terus Brandits…

Fosil Peri di Inggris

Posted in News on July 31, 2009 by Pram

Apakah anda pernah melihat peri? Mungkin hanya dalam dongeng….

Jasad makhluk ini detemukan oleh seorang warga diatas gundukan tanah disekitar pekarangan rumahnya. Saat pertamakali melihatnya,orang tersebut mengira makhluk ini merupakan jasad anak kecil,maka ia pun bergegas meraih telpon genggamnya untuk menghubungi Polisi. Karena dorongan rasa ingin tahu yang besar,Sebelum polisi tiba di TKP,ia sempat mendekat dan melihat-lihat jasad makhluk tsb. Didalam hatinya dia juga sempat berfikir dan merasa janggal,mengapa jasad makhluk kecil yang satu ini mempunyai sayap mirip dedaunan?dan badannya terlalu mungil untuk ukuran seorang balita? Bahkan ketika polisi tiba,mereka juga bingung dan tidak mengerti,sebenarnya ini makhluk apa?

Menurut laporan dari hasil X-ray,makhluk tersebut memiliki struktur tulang mirip dengan susunan tulang pada balita,namun pada badannya sedikit berongga seperti jenis2 hewan insecta. Uniknya,ia juga memiliki bentuk fisik mirip dengan manusia,mempunyai 2 tangan lengkap dengan 5 jari,dua kaki,dan pada bagian kepalanya terdapat lapisan jaringan kulit sangat tipis yang ditumbuhi rambut berwarna pirang keemasan.

Tapi yang tidak habis dipikir,mengapa makhluk ini mempunyai sayap dan tinggi badannya tergolong sangat kecil,antara 10-20 cm tingginya.
Jasadnya juga tidak membusuk,namun malah mengering dan sama sekali tidak mengeluarkan bau busuk. Pada struktur sayapnya sendiri,walaupun sekilas jika dilihat mirip dengan dedaunan, tetapi ini bukanlah merupakan sejenis daun,jika diraba maka akan terlihat perbedanya. Sayapnya mirip dengan struktur sayap hewan-hewan insecta pada umumnya.

Sampai saat ini,tim forensik yang meneliti jasad makhluk ini belum mengerti sepenuhnya mengenai jenis dan identitasnya. Tetapi dari berbagai kesimpulan yang didapat, makhluk tersebut memilik struktur DNA mirip dengan DNA manusia, namun juga terdapat banyak kesamaan dengan hewan-hewan insecta.

Di wilayah pedasaan Derbyshire Countryside,Inggris sendiri,menurut penuturan beberapa penduduk setempat,memang pada malam hari sering muncul sinar-sinar cemerlang misterius yang berterbangan dibeberapa tempat didaerah itu. Biasanya paling sering muncul disekitar pinggiran sungai yang disekelilingnya penuh ditumbuhi dengan pepohonan atau disekitar areal perkebunan mereka. Namun,mereka tidak tahu dengan pasti makhluk apakah yang mengeluarkan sinar cemerlang tersebut,jika didekati seolah-olah sinar itu meredup dan ahirnya menghilang begitu saja.

PeriPeri2Peri3Peri4Peri5

2579

Posted in LuvStory on July 31, 2009 by Pram

Tadi malam, waktu lagi nikmatin saat-saat yang begitu tenang, seorang kawan tiba-tiba kirim message. Doi katanya mo curhat tentang LuvStory update-an terbarunya… Setelah curhat = panjang x lebar, dia bilang mau titip words nya dia buat di posting di blog gue. “Hmmhh aja-aja ada…” tapi dari gelagatnya yang lagi tumben berseri-seri (biasanya autis.. :P) seakan mencerminkan bahwa senengnya doi lagi full banget nih akhir-akhir ini.. sip lah Selamet ya bro…, jgn lupa traktirannya… ehehehehehe

-2579-

“Andai aja ada kata yang bisa mewakili ribuan ucapan terimakasih ke Tuhan. Terlalu cepat? mungkin iya, apalagi gue dan dia sama-sama baru melupakan kisah lama masing2. Tapi yang pasti justru karena kita berdua merasa saling menemukan kembali perasaan “itu” setelah sekian lama. Seakan 25 Juli ’09, jadi hari paling membahagiakan yang akan sulit dilupakan… hehehe. Seolah-olah rasa soto ayam yang kita makan waktu mendung siang itu masih kerasa…, suasana hujan yang turun sorenya…, “momen-momen mendebarkannya” pun masih kadang bikin deg-degan lagi.. (hehe lebay mode on :P)…, perjalanan anter dia pulang… , sampe waktu duduk di bangku depan rumahnya.., nasi goreng surabaya.. ahh semuanya deh… seakan ga bisa lupa. Hmm, akhirnya penantian selama 2bulan terakhir terjawab sudah…, tapi gue sadar, semuanya ga terjadi dengan mudah. Begitu banyak rintangan, yang mungkin begitu berat buat kita berdua. Ga hanya rintangan faktor dari keadaan masing-masing, tapi juga dari lingkungan kita berdua (kebetulan satu ruang lingkup). Pilihan yang berat ga hanya ada di tangan gue, tapi juga dia. Tapi semua ga akan ada yang tau betapa rintangan itu muncul, kalo blm kita jalanin ke depan”.

-Thx 4 LuvlyDully-

Meanings

Satu doa dibalik keyakinan
“Smoga semua yang terjadi lebih menguatkan kita,
bukan justru sebaliknya.
Smoga kita bisa menjalani semua dengan baik…
Dan smoga kita bisa sama-sama
lebih saling meyakinkan,
dan ga salah pilih…
lagi…”

Ganti logo Google…

Posted in Computers on July 28, 2009 by Pram

Hmmph… Google bagi semua orang mungkin sudah begitu familiar. Bahkan orang sering mengganti kata search engine dengan kata Google, padahal banyak sekali search engine yang lain. Kata Googling selalu saja menjadi jalan keluar bagi semua kebingungan-kebingungan kita.

Banyak sekali orang menggunakan mesin cari Google. Sering kali kita liat tampilan Google hampir di setiap komputer. Karena bosan melihat tampilan mesin cari, yang selalu bertuliskan kata Google, maka muncul ide untuk membuat sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang unik, yaitu search engine sendiri…. ehehehe…

Caranya :

1.

2.

3.

Caranya sangat mudah, copy alamat dibawah ini ke address bar browser anda, kemudian ganti XXX menjadi kata yang anda inginkan, dan tekan enter:

http://www.funnylogo.info/engines/Google/Red/XXX.aspx

That’s it……

Cuma berusaha lebih cepat mengambil keputusan…

Posted in LuvStory on July 28, 2009 by Pram

Komunikasi yang ga lancar,   jarang ketemu… , dan ga seperti punya pasangan.. Mungkin itu yang gue dan dia sama-sama rasakan beberapa waktu itu. Dan pagi itu seolah ada yang berbeda.., Gue berangkat ke kantor lebih pagi… dan jarang banget hari senin ga dateng telat. Yaaa.. kalo dihitung2.., sejak 3bulan keberadaan gue di tempat kerja sekarang yaa, baru 2 kali termasuk hari itu gue ikut apel senin pagi… hehehe….😛.  “Cieee.. samber geledek ni..” kata seseorang menanggapi gue yang secara tiba2 terlihat di waktu yang ga biasa.

Waktu di hari itu terus berjalan seperti biasa, sampe akhirnya gue sadar bahwa ternyata kejadian pagi ini ada artinya. Malem hari itu.., semua pembicaraan di teras depan rumahnya yang jadi tempat persinggahan terakhir kita berdua, jadi tanda bahwa  hari itu jadi hari terakhir gue dan dia untuk sama-sama punya komitmen.

Gue cuma berusaha untuk mengambil keputusan lebih cepat untuk kita sama-sama temuin jalan terbaik. Dan malem itu, dia meng-Amien-i itu. Gue cuma bisa berterimakasih sama Tuhan, atas pengalaman yang begitu berharga beberapa bulan terakhir ngelewatin waktu-waktu terbaik bersama dia…

Meanings

Syukuri yang terjadi.

Ada kebaikan dan kekurangan dari setiap pilihan yang kita ambil.

Semoga yang terjadi sama kita, justru membuat hati kita lebih kuat ke menjalani hari kedepan, bukan sebaliknya.